Sasaran Penilaian Hasil Pembelajaran

Sasaran Evaluasi Hasil Pembelajaran

Sasaran Evaluasi Hasil Pembelajaran. Sasaran penilaian pembelajaran yaitu untuk menjawab pertanyaan apa yang dinilai dalam sistem pembelajaran. balasan atas pertanyaan tersebut berkenaan dengan hal-hal, atau objek atau aspep penilaiann pembelajaran. Sehubungan dengan balasan atas pertanyaan itu ada 4 ( empat) hal pokok yang dijadikan sebagai sasaran penilaian pembelajaran, yakni tujuan pembelajaran, unsur dinamis pembelajaran, pelaksanaa pembelajaran dan pelaksanaan kurikulum. 
Keempat hal tersebut yang menjadi sasaran penilaian pembelajaran nampaknya berbeda satu dengan yang lainnya, namun sangat akrab kaitannya dalam arti penilaian terhadap suatu sasaran sering kali tidak sanggup dipisahkan secara tegas dari penilaian terhadap sasaran lainnya.

Sasaran Evaluasi Hasil Pembelajaran

  • Evaluasi Tujuan Pembelajaran : Setelah berlangsung proses pembelajaran maka dipandang peerlu dilakukan penilaian tujuan dari pembelajaran tersebut menurut hasil berguru yang telah dicapai oleh siswa. hal ini penting sebab melalui penilaian tujuan sanggup ditetapkan apakah tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan seblumnya perlu dipertahankan atau diperbaiki dengan implikasinya perlu pula perbaikan aktivitas pembelajaran selanjutnya. 
  • Evaluasi Unsur dinamis pembelajaran : unsur-unsur pembelajaran intinya merupakan  unsur penunjang dalam proses pembelajaran. Besarnya dan kuatnya sumbangan unsur-unsur yang ada turut memilih tingkat efesiensi dan efektifitas pembelajaran. dalam hal ini ada beebrapa bentuk penilaian unsur dinamis yaitu; 1.) penilaian terhadap motivasi belajar, 2.) penilaian terhadap materi pembelajaran, 3.) penilaian terhdap alat bantu berguru , sarana dan prasaran, dan 4,) penilaian terhadap subjeek didik. 
  • Evaluasi pelaksanaan pembelajaran: sasaran ini perlu dinilai untuk mengetahui tingkat keterlaksananya pembelajaran tersebut. Evaluasi Kurikulum: penilaian yang berpijak pada bebrapa pernyataan yang berkaitan pribadi dengan aktivitas kurikulum yang sedang diterapkan, sudah mencapaikah kinerja yang di harapkan atau belum  seehingga meenjadi suatu hal yang peenting untuk dilakukan evaluasi.       

Demikian Ulasan singkat Sasaran Evaluasi Hasil Pembelajaran biar bermanfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Anak Melalui Permainan

Memotivasi Anak Yang Tidak Dapat Berinteraksi Dengan Baik

Pendidikan Anak Melalui Permainan