Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Prestasi Belajar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar: Dalam pelaksanaan proses berguru mengajar dibutuhkan adanya penilaian yang nantinya akan dijadikan  sebagai tolak ukur maksimal yang telah dicapai siswa sesudah melaksanakan acara berguru selama waktu yang telah ditentukan. Apabila proteksi bahan telah dirasa cukup, guru sanggup melaksanakan tes yang balasannya akan dipakai sebagai ukuran dari prestasi berguru yang bukan hanya terdiri dari nilai mata pelajaran saja tetapi juga meliputi nilai tingkah laris siswa selama berlangsungnya proses berguru mengajar. 
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi BelajarPrestasi merupakan hasil yang dicapai seseorang saat mengerjakan kiprah atau acara tertentu.” Prestasibelajar ialah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan olehmata pelajaran yang lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yangdiberikan guru” (Tulus Tu`u, 2004:75).
Dari pengertian diatas sanggup dipahami bahwa prestasi belajar ialah hasil kemampuan seseorang pada bidang tertentu dalam mencapai tingkat kedewasaan yang eksklusif sanggup diukur dengan tes. Penilaian sanggup berupa angka atau huruf. Keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi berguru dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu tingkat kecerdasan yang baik, pelajaran sesuai dengan talenta yang dimiliki, ada minat dan perhatian yang tinggi dalam pembelajaran, motivasi yang baik dalam belajar, cara berguru yang baik dan taktik pembelajaran yang dikembangkan guru. Suasana keluarga yang mendorong anak untuk maju, selain itu lingkungan sekolah yang tertib, teratur dan disiplin merupakan pendorong dalam proses pencapaian prestasi belajar (Tulus Tu`u, 2004: 81).                 
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi BelajarMenurut Merson U. Sangalang yang dikutip oleh Tulus Tu’u (2004:78) ada beberapa faktor yang menghipnotis keberhasilan siswa dalam mencapai hasil berguru yang baik, antara lain:
1. faktor kecerdasan, 
      Tinggi rendahnya kecerdasan yang dimiliki siswa sangat memilih keberhasilannya mencapai prestasi belajar, termasuk prestasi-prestasi lain yang ada pada dirinya.
2.  faktor bakat. 
   Bakat-bakat yang dimiliki siswa apabila diberi kesempatan  untuk dikembangkan dalam pembelajaran akan sanggup mencapai prestasi belajar yang diharapkan.
3.  faktor minat dan perhatian.
Minat ialah kecenderungan yang besar terhadap sesuatu. Perhatian ialah melihat dan mendengar dengan baik serta teliti terhadap sesuatu. Apabila siswa menaruh minat pada satu pelajaran tertentu biasanya cenderung untuk memperhatikannya dengan baik. Minat dan perhatian yang tinggi pada mata pelajaran akan memberi dampak yang baik bagi prestasi belajar siswa.
4.  faktor motif.
Motif selalu selalu mendasari dan menghipnotis setiap perjuangan serta acara seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Apabila dalam belajar, siswa mempunyai motif yang baik dan kuat, hal ini akan memperbesar perjuangan dan kegiatannya mencapai prestasi yang tinggi.
5.  faktor cara belajar.
Keberhasilan berguru siswa dipengaruhi oleh cara berguru siswa. Cara berguru yang efisien memungkinkan mencapai prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara berguru yang tidak efektif.
6.  faktor lingkungan keluarga.
Keluarga merupakan salah satu potensi yang besar dan konkret memberi imbas pada prestasi siswa. Terutama dalam hal mendorong, memberi semangat, dan memberi contoh yang baik kepada anaknya.
7.  faktor sekolah.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar; Sekolah merupakan faktor pendidikan yang sudah terstruktur, mempunyai sistem, dan organisasi yang baik bagi penanaman nilai-nilai etika, moral, mental, spiritual, disiplin dan ilmu pengetahuan  (Tulus Tu’u, 2004:78).Pencapaian prestasi belajar yang baik tidak hanya diperoleh dari tingkat kecerdasan siswa saja, tetapi juga didukung oleh lingkungan keluarga dan sekolah dimana guru dan alat berguru dijadikan sebagai sumber berguru bagi kelancaran proses berguru mengajar. Keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi berguru dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu tingkat kecerdasan yang baik, pelajaran sesuai dengan talenta yang dimiliki, ada minat dan perhatian yang tinggi dalam pembelajaran, motivasi yang baik dalam belajar, cara berguru yang baik dan taktik pembelajaran yang dikembangkan guru. Suasana keluarga yang mendorong anak untuk maju, selain itu lingkungan sekolah yang tertib, teratur dan disiplin merupakan pendorong dalam proses pencapaian prestasi belajar (Tulus Tu`u, 2004: 81).
demikianlah ulasan singkat tengtang " Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar" biar bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Mengenali Huruf Buah Hati Anda?

Memotivasi Anak Yang Tidak Dapat Berinteraksi Dengan Baik

Tahapan Proses Aplikasi Pendidikan Pada Anak