Teknik Penilaian Pembelajaran

TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN 

Teknik penilaian Pembelajaran.
Sebelumnya sudah kita bahas wacana penemuan penilaian kurikulum pendidikan , berikut wacana Teknik penilaian pembelajaran meski dalam artikel yang sangat sederhana semoga bermanfaat.  Implementasi Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 wacana Sistem Pendidikan Nasional  membawa implikasi terhadap model dan teknik penilaian pembelajaran / penilaian yang dilaksanakan di runagan kelas.  teknik evalusi pembelajaran pada penilaian terdiri atas penilaian eksternal dan penilaian internal. Penilaian eksternal penilaian yang dilakukan oleh pihak lain yang tidak melaksanakan proses pembelajaran. Penilaian eksternal dilakukan olehu lembaga, dimana forum tersebut mempunyai wewenang untuk menunjukkan penilaian, baik forum dalam negeri maupun luar negeri dengan tujuannya untuk pengendali mutu.Sedangkan penilaian internal ialah penilaian yang direncanakan dan dilakukan oleh guru pada ketika proses pembelajaran berlangsung.  teknik penilaian pembelajaran pada Penilaian hasil berguru akseptor didik dilakukan oleh guru untuk memantau proses, kemajuan, perkembangan hasil berguru akseptor didik sesuai dengan potensi yang dimiliki dan kemampuan yang diharapkan secara berkesinambungan.
Penilaian juga sanggup menunjukkan umpan balik kepada guru agardapat menyempurnakan perencanaan dan proses pembelajaran pada tahapan danproses pembelajaran berikutnya. dalam teknik penilaian pembelajaran, Penyusunan perencanaan, pelaksanaan proses, dan penilaian merupakan rangkaian kegiatan pendidikan yang utuh, dan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan sangat keterkaitan antara satu dengan yang lainya. Untuk itu, perlu adanya  model penilaian yang sanggup dijadikan sebagai  acuan bagi guru dan penyelenggara pendidikan.

TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN

Istilah teknik evaluasi pembelajaran mempunyai padanan istilah yang hampir seakan-akan yaitu evaluasi, penilain dan pengukuran. Evaluasi ialah kegiatan identifikasi untukmelihat apakah suatu kegiatan yang telah direncanakan telah tercapai atau belum,berharga atau tidak dan sanggup pula untuk melihat tingkat efesiensi pelaksanaanya. dalam teknik penilaian pembelajaran Penilaian merupakan penerapan banyak sekali cara dan penggunaan banyak sekali alat penilaian untuk memperoleh info tenntang tesejauh mana hasil berguru siswa atau ketercapaian kompetensi kemampuan  siswa. 
Sedangkan Pengukuran ialah proses pinjaman angka atau perjuangan untuk memperoleh deskripsi numerik dari suatu tingkatan dimana seorang siswa telah memncapai karakteristik tertentuJelasnya penilaian merupakan tindakan atau suatu proses untuk memilih nilai segala sesuatu. Penilaian / Evaluasi  berbeda dengan pengukuran /measurement karena pengukuran lebih bersifat kuantitatif. Bahkan pengukuran merupakan instrumen untuk melaksanakan penilaian atau dengan kata lain, pengukuran menjawab pertanyaan how much sedangkan penilaian menjawab pertanyaan What value  Teknik Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses, yakniproses memilih hingga berapa jauh kemampuan yang sanggup dicapai oleh siswadalam proses pembelajaran. Kemampuan yang diharapkan tersebut sebelumnya sudah ditetapkan secara operational. Selanjutnya juga ditetapkan patokan pengukuran hingga sanggup diperoleh penilaian / value judgement Karena itu dalam penilaian diharapkan prinsip-prinsip sebagai petunjuk supaya dalam pelaksanaan penilaian sanggup lebih efektif. teknik Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu kegiatan utama yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam kegiatan pembelajaran. 

Dengan penilaian, guru akan mengetahui perkembangan hasil belajar, intelegensi, talenta khusus, minat, relasi sosial, perilaku dan kepribadian siswa atau akseptor didik. Adapun langkah-langkah pokok dalam penilaian secara umum terdiri dari: perencanaan, pengumpulan data, verifikasi data, analisis data, dan interpretasi data Penilaian hasil berguru intinya ialah mempermasalahkan, bagaimana pengajar / guru sanggup mengetahui hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

dalam teknik penilaian pembelajaran Pengajar harus mengetahui sejauh mana pebelajar telah mengerti materi yang telah diajarkan atau sejauh mana tujuan/kompetensi dari kegiatan pembelajaran yang dikelola sanggup dicapai. Tingkat pencapaian kompetensi atau tujuan instruksional dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan itu sanggup dinyatakan dengan nilai. Pada artikel berikutnya akan di bahas wacana lanjutan dari artikel ini,yaitu; prinsip-prinsip evaluasi,

Demikianlah postingan wacana teknik penilaian pembelajaran semoga bermanfaat 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Anak Melalui Permainan

Memotivasi Anak Yang Tidak Dapat Berinteraksi Dengan Baik

Pendidikan Anak Melalui Permainan