Evaluasi Kurikulum

EVALAUASI  KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM


Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam
INOVASI  EVALUASI  KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Evaluasi merupakan suatu administrasi yang mencakup perencanaan, pengorganisasani, pelaksanaan, monitoring dan penilaian itu sendiri. Kurikulum juga dirancang dari tahap perencanaan, pengorganisasian kemudian pelaksanaan dan alhasil monitoring dan evaluasi. Tanpa evaluasi, maka tidak akan sanggup  diketahuai bagaimana kurikulum rancangan, pelaksanaan dan hasil dari penerapan kurikulum tersebut. baca artikel pengertian penilaian kurikulum di pengertian penilaian kurikulum
INOVASI  EVALUASI  KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Kurikulum yang berlaku selama ini dalam proses pendidikan agama Islam secara khusus dan pendidikan secara umum merupakan kurikulum yang bersifat akademik. Kurikulum yang berorientasi pada isi atau materi pelajaran. Kurikulum dalam penerapannya mempengaruhi terhadap prestasi tamat pada sebuah forum pendidikan secara institusi dan mempengaruhi prestasi siswa selaku pelajar. Dampak lain dari implementasi kurikulum akademik tidak bisa memperlihatkan nilai etika, moral, dan nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan siswa dimanapun ia berada. Maka dari dari itu adanya perbedaan yang fundamental yang mesti dikaji dan diberlakukan khususnya dalam bidang penilaian kurikulum pendidikan agama Islam, di mana pendidikan agama Islam akan menjadi tolak ukur dalam pembentukan aksara dan perbaikan akhlaq siswa yang akan diimplikasikannya dalam kehidupan dilingkungan daerah tinggal mereka.


Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam; Berdasarkan fenomena tersebut, maka penemuan evaluasikurikulum pendidikan agama Islam  sudah harus dilakukan untuk menghindari keterpurukan lebih jauh. Inovasi penilaian kurikulum pendidikan agama Islam yang berbasis  mawaddah warahmah, setidaknya akan membekali kompetensi paling dasar atau paling tidak memperlihatkan esensi pokok dari setiap mata pelajaran pada forum pendidikan, dengan demikian dibutuhkan bisa memperlihatkan pengalaman kasatmata bagi kehidupan anak secara pribadi dan sanggup dirasakan dalam kehidupan sehari-hari dengan mengedepankan perilaku dan moral secara Islami. Inovasi evaluasi kurikulum pendidikan agama Islam yang akan dikembangkan yaitu penemuan penilaian proses dan penemuan penilaian produk dari kurikulum pendidikan agama Islam, di mana melalui pengembangan penilaian proses dan penilaian produk akan sanggup mencerminkan dan memunculkan arah dari tujuan kurikulum pendidikan Islam yang berkonsep mawaddah warahmah.
demikianlah ulasan singkat ihwal evaluasi kurikulum pendidikan agama Islam supaya bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Anak Melalui Permainan

Memotivasi Anak Yang Tidak Dapat Berinteraksi Dengan Baik

Pendidikan Anak Melalui Permainan