Prinsip Evaluasi

Prinsip Evaluasi

Berikut ini akan kita berikan bahan yang merupakan lanjutan dari pembahsan saya tentang: penilaian pembelajaran,
berikut Beberapa Prinsip- prinsip evaluasi diantaranya: 
 Prinsip Evaluasi Pertama Validitas    
Validitas berarti menilai apa yang seharusnya dinilaidengan memakai alat yang sesuai untuk mengukur kompetensi. Dalam mata pelajaran pendidikan Agama Islam , contohnya kompetensi pada bahan mempraktekkan: praktek ibadah mahzhah, sperti shalat, ibadah haji dan umrah, serta shalat mayit dan lainya, maka penilaian akan menjadi  valid apabila mengunakan penilaian unjuk kerja. Jika memakai tes tertulis maka penilaian tidak valid. Prinsip Evaluasi ke dua  Reabilitas   Reliabilitas berkaitan dengan konsistensi (keajegan)hasil penilaian. Penilaian yang reliable (ajeg)memungkinkan perbandingan yang reliabledan menjamin konsistensi. Misalnya, guru menilai dengan unjuk kerja, penilaian akan reliabel jikalau hasil yang diperoleh itu cenderung sama bila unjuk kerja itu dilakukan lagi dengan kondisi yang relatif sama. Untuk menjamin penilaian yang reliabel petunjuk pelaksanaan unjuk kerja  dan penskorannya harus jelas.
prinsip evaluasi  berikutnya Menyeluruh    
Penilaian harus dilakukan secara menyeluruh meliputi seluruh domain yang tertuang pada setiap kompetensi dasar. Penilaian harus memakai bermacam-macam cara dan alat untuk menilai bermacam-macam kompetensipeserta didik, sehingga tergambar profil kompetensi akseptor didik. prinsip evaluasi selanjutnya  BerkesinambunganPenilaian dilakukan secara terencana, sedikit demi sedikit dan terus menerus untuk memperoleh citra pencapaian kompetensi akseptor didik dalam kurun waktu tertentu.
prinsip evaluasi yang kelima Obyektif          
Penilaian harus dilaksanakan secara obyektif. Untuk itu, penilaian harus adil, terencana, dan menerapkan kriteria yang terang dalam  pemberian  skor. prinsip evaluasi   Mendidik ; Proses dan hasil penilaian sanggup dijadikan dasar untuk memotivasi, memperbaiki proses pembelajaran bagi guru, meningkatkan kualitas mencar ilmu dan membina akseptor didik semoga tumbuh dan berkembang secara optimal.  demikian  ulasan singkta tengtang  Prinsip Evaluasi  semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Anak Melalui Permainan

Memotivasi Anak Yang Tidak Dapat Berinteraksi Dengan Baik

Pendidikan Anak Melalui Permainan