Pemikiran Filsafat Ibnu Sina ( Fatwa Filsafat Perihal Jiwa )

PEMIKIRAN FILSAFAT IBNU SINA

Filsafat Jiwa Ibnu Sina selalu berbicara bahwa pentingnya pembahasan khusus  terhadap pembahasan kejiwaan. sebagaimana yang sanggup kita lihat dari kitab-kitan  khusus berkaitan dengan kejiwaan atau kitab - kitab yang berisikan banyak sekali macam problem filsafat. intinya tidaklah sulit  untuk mencari dasar-dasr dari  ajaran yang ihwal teori-teori  kejiwaan, menyerupai para pakar filsafat Aristoteles, Galius ,Plotinus, terutama sekali hasil pemikiran  dari Aristoteles yang  dikalangan pelajar  dijadikan sebagai sumber rujukan. Namun disisi lain Ibnu Sina mempunyai kepribadian  tersendiri punya ajaran sendiri sebelumnya, baik dalam dari bahan pembahasan bidang fisika maupun dari teori pembahasan bidang  metafisika.Dalam segi fisika,ibnu Sina  menggunakan metode eksperimen dan mempunyai efek yang baik dalam bidang  kedokteran. bidang  metafisika terdapat kejelasan serta kedalaman,  pembaharuan yang mengimbangai pendapatnya dengan para  filosof modern. Pengaruh tokoh filsafat Islam ini, Ibnu Sina berbicara daam kaitannya dengan kejiwaan bukan suatu hal yang lemah tetapai sangat memberi makna sendiri bagi para filosof dan pelajar yang menekuni bidang filsafat, baik dikalangan  Arab  mulai semenjak kurun ke 10 Masehi hingga dengan pada selesai kurun ke 19 M.  Pemikiran terpenting yang dihasilkan oleh tokoh filsafat Islam ini Ibnu Sina ialah falsafatnya berkaitan dengan kejiwaan. Sebagaimana  hala nya tokoh filosof Ilsam lainya menyerupai Al-Farabi.pada konsepnya ajaran menyerupai ini tidaklah sama dengan ajaran para kaum sufi maupun kaum mu’tazilah. Bagi kaum sufi kemurnian tauhid mengandung arti bahwasanya  hanya Tuhan yang mempunyai wujud. kalau ada yang lain yang mempunyai wujud hakiki disamping Tuhan, itu mengandung arti bahwa,  adanya beberapa wujud, dan dengan demikian dikhawatirkan akan merusak tauhid. Oleh alasannya ialah itu mereka mengemukakan Tiada yang berwujud selain dari Allah swt. Semua selain dari itu pada hakikatnya tidak ada. Wujud yang selain dari  itu merupakan  wujud bayangan. kalau dibandingkan dengan pepohon dan bayangan yang ditibulkan dari pepeohonan tersebut, pada kosep sebenarnya mempunyai wujud ialah pohonnya, sedang bayangannya hanyalah gambar yang seakan – akan tidak pernah ada. Pendapat dan pemahaman inilah yang memperlihatkan suatu pendapat  membawa pemahaman pada paham wahdat al-wujud (kesatuan wujud), dalam arti adanya wujud bayangan tersebut bergantung pada wujud yang mempunyai atau punya bayangan. 
Filsafat 
Pemikiran Filsafat Ibnu Sina
kaum Mu’tazilah berkaitan dengan pemunrian tauhid melihat pada penghapusan sifat – sifat Tuhan dan kaum sufi ke penghapusan wujud selain wujud Allah swt, oleh alasannya ialah itu kaum filosof Islam yang  dipelopori al-Farabi, pergi ke faham emanasi atau al-faidh.  mu’tazilah dan kaum sufi, al-Farabi berupaya meniadakan adanya arti banyak dalam diri Tuhan. Kalau Tuhan berkaitan eksklusif dengan 'alam yang susunannya teridri  dari banyak unsur, banyak pendapat-pendapat yang muncul yang membuat ketidak murnian paham tauhid lagi. Menurut al-Farabi, Allah membuat alam  melalui  emanasi, bermakna  bahwa wujud Tuhan melimpahkan wujud alam semesta ini. Emanasi ini terjadi melalui proses tafakkur (berfikir) Tuhan berkaitan dengan  dzat-Nya yang menjadi  prinsip dari peraturan dan kebaikan dalam alam. Dengan kata lain, berpikirnya Allah swt berkaitan dengan   dzat- Nya ialah alasannya ialah dari adanya dunia dan semua  alam ini. Dalam arti bahwa Ialah yang memberi wujud yang baka dari semua yang ada,  Berfikirnya Allah berkaitan dengan dzat -Nya sebagaimana kata Sayyed Zayid, ialah ilmu Tuhan ihwal diri-Nya, dan ilmu itu merupakan  al-Qudrah atau daya yang membuat segalanya, semoga sesuatu tercipta, cukup Tuhan mengetahuiNya. untuk mengetahui lebih lanjut ihwal pembahasan ini, silahkan membaca rujukan-rujukan berikut: Al-Ahwan, Ahmad Fuad, Filsafat Islam, Jakarta, Pustaka Firdaus, Al-Ghazali Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Ahmad, al-Munqidz min al-Dlalah wa al-Muwassil ila dzi al-Izzah wa al-Jalal, Lebanon, Beirut,.,Tahafut al-Falasifah, Kairo, Mesir, Maktaba’ah al-Qahirah, Hanafi, Ahmad, MA, Pengantar Filsafat Islam, Jakarta, Bulan Bintang, Syarif, MM., MA., Para Filosof Muslim, Bandung, Mizan,Thawil Akhyar Dasoeki, Sebuah Kompilasi Filsafat Islam, Semarang, Dina Utama Semarang.

pemikiran filsafat Ibnu Sina

demikian citra singkat pemikiran filsafat Ibnu Sina Semoga Bermanfaat.....

1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Anak Melalui Permainan

Memotivasi Anak Yang Tidak Dapat Berinteraksi Dengan Baik

Pendidikan Anak Melalui Permainan